Senin, 19 Mei 2008

Fisika Statistik


Judul buku: Fisika Statistik
Pengarang: Agus Purwanto, DSc.
Penerbit: Gava Media
Tahun terbit: 2007 

Fisika Statistik dan Fisika Kuantum (buku sebelumnya) merupakan kandungan utama yang khas jurusan fisika. Di dalam buku ini dirumuskan ulang hubungan empirik yang sudah dikenal dengan baik di dalam termodinamika seperti entropi dan persamaan gas ideal dengan pendekatan perilaku kuantum partikel-partikel penyusun sistem. Perilaku bahan paramagnetik terhadap perubahan temperatur juga dibahas tuntas. Bukan hanya itu, jumlah foton di alam semesta serta kerapatan atau massa jenis bintang neutron yang sekitar 6 (enam) ton per sentimeter kubik juga dirumuskan secara lengkap dan gamblang. Buku ini, sebagaimana buku sebelumnya, dilengkapi dengan contoh-contoh soal dan penjabaran matematis yang sangat rinci yang sekaligus menjadi ciri dan kekuatan utama buku ini.

Fisika statistik dan fisika kuantum merupakan dua pengetahuan kunci bagi seseorang yang mau bekerja dalam sains material terdepan. Karena itu, pemahaman yang memadai atas keduanya merupakan sebuah keharusan.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Maaf, jika saya ingin mendapatkan langsung buku ini dari bapak, bisa atau tidak yaaa?

Edigius sanga mengatakan...

Apa sudah ada buku terjemahan dari buku fundamental university physics volume III quantum and statistical physics??? Terima kasih