Senin, 19 Mei 2008

Cara Praktis Belajar Memahami Bahasa Arab



Judul : Metode HIKARI: Arab Gundul, Siapa Takut?
Penulis : Agus Purwanto
Penerbit : Suara Muhammadiyah
Tahun terbit: 2005


Belajar dan memahami Bahasa Arab, khususnya bagi generasi Muslim adalah sangat penting terutama untuk mendalami Al-Qur'an dan As-Sunnah, serta khazanah ilmu-ilmu agama Islam. Lebih-lebih saat ini, ketika arus ghazwul fikri, yang berupa pemikiran liberalisme, pluralisme dan sekulerisme, begitu ganas menyerang sendi-sendi pemahaman, penghayatan dan pengamalan Islam. Telah banyak generasi Islam, baik yang muda maupun yang agak tua, berguguran menjadi korban ghazwul fikri.

Buku ini disusun untuk dapat digunakan belajar mandiri (otodidak) bagi pemula yang benar-benar nol dalam nahwu-sharaf, tetapi sudah dapat mengaji dengan lancar. Buku ini juga dapat digunakan sebagai pegangan untuk belajar dalam waktu 14 x 1 jam pertemuan di kelas.

"Setelah membaca, saya berpendapat bahwa buku ini sangat cocok bagi peminat Bahasa Arab tingkat pemula dewasa. Artinya, dari segi materi buku ini cocok bagi pemula, tetapi dari segi metode dan pendekatan dalam penyajian sangat cocok bagi usia dewasa, yakni mereka yang telah memiliki kemampuan menyerap secara cepat dan kemampuan analisis, seperti mahasiswa S1, S2, S3 atau yang setara."
(Drs. H. Syamsul Hidayat, M. Ag., Mudir Ma'had Hajjah Nuriyah Shabran)

Tidak ada komentar: